• Uncategorized
  • 0

algoritma Join, sorting selection

Algoritma selection sort

Memindahkan elemen dengan cara membandingkan elemen sekarang dengan elemen yang berikutnya sampai dengan elemen terakhir . Jika ditemukan elemen lain yang lebih kecil dari elemen sekarang maka dicatat posisinya dan kemudian ditukar dan begitu seterusnya

Metode selection sort merupakan perbaikan dari metode bubble sort dengan mengurangi jumlah perbandingan. Selection sort merupakan metode pengurutan dengan mencari nilai data terkecil dimulai dari data diposisi 0 hingga diposisi N-1. Jika terdapat N data dan data terkoleksi dari urutan 0 sampai dengan N-1 maka algoritma pengurutan dengan metode selection sort adalah sebagai berikut :

  1. Cari data terkecil dalam interval j = 0sampai dengan j = N-1
  2. Jika pada posisi posditemukan data yang terkecil, tukarkan data diposisi pos dengan data di posisi i jika k.
  3. Ulangi langkah 1 dan 2 dengan j = j + isampai dengan j = N-1, dan seterusnya sampai j = N – 1.

Berikut contoh program dari metode selection sort dengan menggunakan bahasa C :

void selectionsort(int arr[ ]) {
int i,j;
for (i = 0; i < N; i++) {
int min = arr[i];
int pos = i;
for (j = i; j < N; j++) {
/* Cari nilai yang terkecil */
if (arr[j] < min) {
min = arr[j];
pos = j;
}
}
/* Tukar nilai terkecil ke arr[i] jika pos tdk sama i */
if(i!=pos) {
int temp = arr[i];

arr[i] = arr[pos];
arr[pos] = temp;
}
}
}

 

 

JOIN

Join adalah operasi untuk mengambil informasi dari 2 tabel atau lebih dalam 1 waktu. Dengan join baris data dari satu tabel dihubungkan dengan baris data pada tabel lain berdasarkan kolom tertentu. Klasifikasi Join : • inner join • outer join • cross join • equi join • natural join • self join Dari beberapa macam join tersebut yang banyak digunakan adalah inner join dan outer join.

  • Inner Join
    Inner join adalah default dari join, digunakan mendapatkan data dari tabel lain berdasarkan kolom yang dihubungkan. Bila tidak ditemukan maka baris data tersebut dibatalkan.
    Syntax :
    Select … from tabelA [inner] join tabelB on tabelA.namakolom operator tabelB.namakolom
    Keterangan :
    • Kata inner adalah opsional (boleh ditulis ataupun tidak)
    • Klausa where, order by dll dapat disertakan

 

  • Outer Join
    Outer join merupakan jenis join yang sedikit berbeda dengan inner join. Pada MySQL, bentuk perintah untuk menerapkan outer joinada 2 yaitu :
    SELECT<field1>,<field2>,<fieldn>FROM<tabel1>LEFTJOIN<tabel2>ON <key.tabel1> = <key.tabel2>
    Dan
    SELECT<field1>,<field2>,<fieldn>FROM<tabel1>RIGHTJOIN<tabel2> ON <key.tabel1> = <key.tabel2>
    Ø Leftjoin digunakan dalam situasi ketika ingin mengembalikan semua elemen data setA, terlepas dari apakah nilai kunci ada dalam data setB.
    Ø Rightjoin digunakan dalam situasi ketika ingin mengembalikan semua elemen data setB, terlepasdari apakah nilai kunci ada dalam data setA.

 

  • Cross Join

Cross join kadang kala disebut juga sebagai Cartesian Product. Bila menggunakan cross join, maka hasil dari cross join akan menciptakan hasil yang didasarkan pada semua kemungkinan kombinasi baris dalam kedua setdata. Dengan demikian, jumlah baris yang dikembalikan adalahN✕ M,dimanaN adalah jumlah baris dalam kumpulan data A dan M jumlah baris dalam kumpulan dataB. Jelas, jumlah baris dalam cross join dapat menjadi sampah.
Bentuk perintah dari cross join adalah :
SELECT <field1>,<field2>,<fieldn> FROM <tabel1> CROSS JOIN <tabel2>
Atau
SELECT <field1>,<field2>,<fieldn> FROM <tabel1>, <tabel2

 

 

 

SORTING

sorting  adalah sebuah metode untuk pengurutan data, misalnya dari data yang terbesar ke data yang terkecil. Dengan cara program yang dibuat harus dapat membandingkan antar data yang di inputkan.

Artinya jika ada deretan data, maka data yang pertama akan membandingkan dengan data yang kedua. Jika data yang pertama lebih besar dari pada data yang kedua maka data yang pertama akan bertukar posisi dengan data yang kedua, begitu seterusnya sampai benar-benar data terurut dari yang terbesar hingga yang terkecil.
Metode sorting sangat banyak dan berkembang ada Bubble sort, Selection Sort, Insertion sort, Merge sort, Quick sort. Metode-metode ini menggunakan caranya sendiri untuk membandingkan, memeriksa dan menukar posisi data. Namun tidak semua metode sorting ini efektif. Karena metodesorting yang paling efektif adalah ketika metode tersebut dapat melakukan pengurutan data dengan cepat dan tidak memerlukan banyak memori.

  1.  Pengetian Metode Bubbel Sort
    Bubble sort (metode gelembung) adalah metode atau algoritma pengurutan dengan cara melakukan penukaran data dengan tempat disebelahnya jika data sebelum lebih besar dari pada data sesudahnya secara terus menerus sampai bisa dipastikan dalam satu iterasi tertentu tidak ada lagi perubahan, atau telah terurut dengan benar. Jika tidak ada perubahan berarti data sudah terurut. Disebut pengurutan gelembung karena masing-masing kunci atau data akan dengan lambat menggelembung atau membandingan data ke posisinya yang tepat.
    Metode ini mudah dipahami dan diprogram, tetapi bila dibandingkan dengan metode lain yang kita pelajari, metode ini merupakan metode yang paling tidak efisien karena memiliki banyak pertukara sehingga memerlukan pengalokasian memori yang besar untuk menjalankan metode ini.

2. Pengertian Metode Selection Sort
Selection Sort berbeda dengan Bubble sort. Selection Sort pada dasarnya memilih data yang akan diurutkan menjadi dua bagian, yaitu bagaian yang sudah diurutkan dan bagian yang belum di urutkan.
Langkah pertama dicari data terkecil dari data pertama sampai data terakhir. Kemudian data terkecil ditukar dengan data pertama. Dengan demikian, data pertama sekarang mempunyai nilai paling kecil dibanding data yang lain. Langkah kedua, data terkecil kita cari mulai dari data kedua sampai terakhir. Data terkecil yang kita peroleh ditukar dengan data kedua dan demikian seterusnya sampai semua elemen dalam keadaan terurutkan. Metode ini lebih efektif dari pada metode bubble karena tidak memerlukan banyak pertukaran dan pengalokasian memori.

 

http://penunjangbelajar.blogspot.co.id/2012/04/algoritma-selection-sort.html

http://romanangel103.blogspot.co.id/2014/07/pengertian-join_1708.html http://algoritmadanbasisdata.blogspot.co.id/2012/04/pengertian-sorting.html

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *